Laguras

Informasi Seputar Gaya Hidup Kekinian

Masih Terimbas Pandemi, Ekonomi Indonesia Tahun Ini Diproyeksi Hanya Tumbuh 4,1-4,4 Persen

1 min read

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini diperkirakan pada kisaran 4,1 persen sampai 4,4 persen. "Pertumbuhan ekonomi diperkirakan di level 4,1 sampai 4,4 persen sepanjang tahun 2021. Untuk 2022 pertumbuhan ekonomi kami expect di level 5 persen," ujar Kepala Ekonom Mandiri Sekuritas Leo Putera Rinaldy dalam paparan Mandiri Sekuritas Outlook 2021 2022, secara virtual, Selasa (29/6/2021). Leo melihat pertumbuhan ekonomi domestik bisa saja di batas bawah proyeksi, seiring pemulihan penanganan pandemi di Indonesia lebih lambat dari negara maju.

"Saya masih lihat kecenderungan ke bawah, karena Covid itu sendiri," ucapnya. Selain faktor tersebut, laju pertumbuhan ekonomi juga bisa terhambat jika belanja pemerintah daerah tidak dilakukan cepat dan tepat, di mana saat ini belanja Pemda terkontraksi 8 persen. "Harus dipush juga adalah improve fiscal spending daerah karena masih kontraksi," ucap Leo.

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal I 2021 masih mengalami kontraksi minus 0,74 persen. Dengan angka tersebut, pertumbuhan ekonomi Indonesia belum mampu kembali ke zona positif, setelah mengalami kontraksi 4 kali berturut turut sejak kuartal II 2020. Kala itu, ekonomi RI minus 5,32 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published.