Laguras

Informasi Seputar Gaya Hidup Kekinian

Pertimbangkan Hal-Hal Berikut Sebelum Membeli Bitcoin

2 min read

Eksistensi Bitcoin tak dipungkiri berkaitan erat dengan perkembangan cryptocurrency selama satu dekade terakhir. Meski sekarang sudah ada banyak aset kripto yang dapat diinvestasikan, Bitcoin masih menjadi incaran favorit pemula maupun profesional. Jika Anda adalah salah satunya, berarti pengetahuan dasar seperti cara beli Bitcoin perlu dipelajari baik-baik untuk melancarkan transaksi.

Peluang investasi Bitcoin di era digital

Sejumlah faktor mempengaruhi peningkatan peluang investasi Bitcoin. Salah satunya percepatan digitalisasi yang terjadi dua tahun terakhir akibat wabah Covid-19. Sepanjang periode tersebut, orang-orang mencari sumber penghasilan alternatif yang cepat diakses dan cryptocurrency termasuk opsi menjanjikan yang dipilih sebagai solusi.

Industri cryptocurrency yang berkembang pesat turut menstabilkan nilai Bitcoin yang fluktuasinya sempat mengkhawatirkan. Kemudian, munculnya platform-platform seperti Nanovest memungkinkan siapa saja melakukan transaksi dengan aset kripto tanpa mengeluarkan modal awal besar.

Peluang investasi Bitcoin di Indonesia juga akan semakin bagus dengan munculnya sejumlah wacana untuk memajukan industri cryptocurrency. Sebut saja rencana pembentukan bursa kripto yang akan terealisasi pada 2022. Jika berhasil diwujudkan, bursa ini akan menjadi yang pertama di dunia yang diregulasi pemerintah.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menuturkan, pertumbuhan aset crypto di Indonesia meroket tajam dengan jumlah investor menyentuh angka 11 juta orang per Desember 2021. Selisihnya sangat jauh dibandingkan pada 2020 yang berada di bawah 5 juta orang. Sementara akumulasi nilai transaksi asetnya berada di angka Rp859,45 triliun pada 2021 atau rata-rata Rp2,3 triliun per hari.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum investasi Bitcoin

Walau menawarkan berbagai kemudahan, investasi Bitcoin harus dilakukan dengan hati-hati mengingat masih ada risiko di dalamnya. Apalagi cryptocurrency termasuk instrumen investasi baru di Tanah Air. Bagi pemula yang memang tertarik berinvestasi dengan aset kripto seperti Bitcoin, perhatikan hal-hal berikut buat mencegah kerugian:

  • Jangan beli saat harga turun. Salah satu kesalahpahaman yang dipercaya para pemula menerapkan prinsip buy low, sell high. Kenyataannya, penurunan harga Bitcoin kadang terjadi karena alasan yang berkaitan dengan pasar. Anda pun bisa mulai trading dengan nominal kecil sebelum dinaikkan secara bertahap;
  • Analisis prospek jangka panjang. Pemula disarankan tak langsung terjun trading harian apabila mereka memilih Bitcoin. Hal ini disebabkan fluktuasi harga yang tak menentu membuat mereka terjebak dalam situasi panic buying dan panic selling. Alih-alih dapat profit, Anda akan cepat merugi;
  • Kuasai manajemen risiko dengan diversifikasi aset kripto. Dengan menguasai manajemen risiko, pemula lebih terlatih mengelola aset. Diversifikasi portofolio sendiri dilakukan dengan memasukkan uang ke aset selain Bitcoin yang akan mengundang profit saat salah satu instrumen merugi.

Semoga tips ini membantu Anda untuk membeli Bitcoin yang aman!

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.