Laguras

Informasi Seputar Gaya Hidup Kekinian

Generasi Muda Dinilai Punya Pemaknaan yang Unik dan Khas Terhadap Pancasila

2 min read

Ketua Balitbang Golkar Jerry Sambuaga menegaskan Pancasila adalah ideologi final Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan harus diwujudkan secara nyata dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal tersebut disampaikan Jerry dalam rangka Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati pada hari ini, Jumat 1 Oktober 2021. “Pancasila itu Ideologi yang relatif lengkap dan terbuka. Di dalamnya terkandung bukan hanya nilai dan kearifan nasional tetapi juga sifat akomodatif terhadap kemajuan dan modernitas," kata Jerry dalam keterangannya, Jumat (1/10/2021).

"Momentum Kesaktian Pancasila ini harus dimaknai sebagai upaya untuk menyegarkan pemahaman sekaligus mewujudkan Pancasila dalam kehidupan sehari hari,” lanjut Jerry. Karena sifatnya yang luwes dan adaptif, Jerry menilai cara pemaknaan Pancasila juga dapat terus berkembang. Jerry melihat generasi millennial punya pemaknaan Pancasila yang berbeda dengan generasi generasi pendahulunya.

“Bukan berarti anak muda tidak memahami dan mengimplementasikan Pancasila. Karakter dan polanya saja yang berbeda. Mereka lahir sebagai native dalam teknologi dan lahir dalam dunia yang telah terglobalisasi. Jadi wajar saja kalau karakter dan pola pemaknaannya berbeda dengan generasi X atau bahkan baby boomers,” kata Jerry. Jerry menilai potensi anak muda perlu diakomodasi, dibina, dan difasilitasi. Banyak hal yang menurutnya bisa dimunculkan jika sinergi antargenerasi terus dikembangkan.

Karena itu Balitbang Golkar mengapresiasi kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wapres Maruf Amin yang sangat akomodatif terhadap anak anak muda. “Lihat saja di industri, perdagangan, politik dan pemerintahan, banyak generasi muda yang muncul dan memainkan peran penting. Ini merupakan gelombang baru yang muncul di era Presiden Joko Widodo,” kata Jerry. Ke depan, Jerry berharap anak muda memanfaatkan kesempatan yang tersedia dengan maksimal.

Menurutnya anak muda sendirilah yang harus membuktikan diri bahwa mereka bisa dan mampu mengemban amanah di berbagai bidang. Di era yang baru, Balitbang meyakini Golkar akan tetap berperan dalam penegakan nilai nilai Pancasila. “Yang berbeda hanya zaman dan tantangannya, Peran Golkar tetap sama, berkarya demi tegaknya Pancasila dan kesejahteraan serta kemajuan bangsa,” kata Jerry.

Leave a Reply

Your email address will not be published.